PANDUAN
PENYUSUNAN RKT MENGGUNAKAN APLIKASI SI-MANTAP
Panduan ini dirangkum berdasarkan tahapan yang dideseminasikan oleh BBPMP pada kegiatan Kegiatan Bimbingan Teknis SDM PEMDA dalam rangka Penerapan SPMP Tingkat Daerah dan Satuan Pendidikan Tahun 2025, di Hotel Aria Centra Surabaya tgl 25 s.d. 27 September 2025.
A. BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN :
1. Bahan Bacaan Konsep Penyusunan Rencana Kerja Tahunan
BBPMP Jawa Timur
2. Format Rencana Kerja Tahunan SIMANTAP
https://www.smahesida.my.id/p/kumpulan-dokumen-penting.html?q=RKT
3. Aplikasi SI-MANTAP
https://lpmp-jatim.net/sim/mutu/
B. LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN :
Langkah (1) Menyiapkan Format RKT.
1. Bukalah file format
RKT yang telah diunduh. Perhatikan nama kolom yang akan
diisi dengan data-data dari aplikasi Si-Mantap.
Kolom B : Nama SNP
Kolom C : Identifikasi, dst.
Langkah (2) Menyiapkan Data dari SIMANTAP.
1. Bukalah aplikasi SI-MANTAP, pada
panel Pencarian isikan NPSN satuan pendidikan, klik tombol “Cari”
2. Pada tampilan Satuan Pendidikan, Klik tombol biru NPSN untuk menampilkan Detail satuan pendidikan.
2. Terdapat panel 8 Standar Nasional Pendidikan seperti
gambar berikut, namun yang akan disusun dalam RKT hanya 7 Standar selain
Standar Kompetensi Lulusan (SKL). ( sesuai dengan framework SKL sebagai
tujuan utama yang harus didukung oleh7 standar lainnya) :
Langkah (3) Menduplikasi data SIMANTAP ke RKT
2. Perhatikan Sub indikator tercantum di bagian kanan.
Prioritas RKT adalah sub indikator yang berwarna Merah, Kuning, atau Hijau
dengan keNaikan terkecil.
3. Klik tombol “Lihat Rekomendasi Benahi” untuk
langkah selanjutnya. Mulai dari D.1 dilanjutkan D.2. sesuaikan dengan
banyaknya indikator.
Misal untuk D.1 sbb. terdapat panel ‘Benahi’ dan 3 panel Rekomendasi
Kegiatan. Jika sebelumnya sub
indikator yang diperhatikan berwarna HIJAU,maka cukup memilih salah 1
Rekomendasi Kegiatan. Jika sub indikator berwana KUNING, bisa memilih 2
Rekomendasi kegiatan. Jika sub indikator berwarna MERAH, perlu memilih 3
Rekomendasi Kegiatan.
4. Lakukan
langkah yang sama untuk Sub Indikator D.2 seperi Langkah 1 sampai 8 tersebut.
Langkah (4) :
Mengulang proses langkah (3) untuk semua Standar lainnya
1. Lakukan
langkah-langkah yang sama untuk Standar Proses, dst.
2. Perhatikan Khusus JIKA pada Standar Tenaga Kependikan dan Sarana Prasarana terdapat indikator yang pembiayaannya oleh PEMDA.
3. Jika terdapat data pembiayaan PEMDA maka sementara
abaikan, atau tulislah kegiatan lain yang menjadi keputusan satuan pendidikan
dan biayanya bukan dari Dana BOS.
SEMOGA BERMANFAAT
Panduan selengkapnya dapat diunduh di :
0 Komentar