Ad Code

Guru Kreatif SMAN 4 Sidoarjo Pukau Siswa Baru Lewat Perkenalan Inovatif

 Guru Mata Pelajaran PJOK


SIDOARJO – SMA Negeri 4 Sidoarjo (SMANIVDA) kembali menunjukkan prestasi dalam pengelolaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada Kamis, 17 Juli 2025. Acara yang digelar di Sport Center SMANIVDA ini menghadirkan inovasi dalam perkenalan guru mata pelajaran kepada ratusan siswa baru secara menarik dan interaktif.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang cenderung formal, para guru SMANIVDA memperkenalkan diri secara berkelompok berdasarkan rumpun mata pelajaran. Setiap kelompok guru menampilkan ciri khas masing-masing yang berhasil menarik perhatian dan antusiasme peserta MPLS.

Sesi dimulai dengan penampilan kelompok guru Bahasa Indonesia yang membawakan puisi dan menyanyikan “Hymne Bahasa Indonesia” secara penuh penghayatan. Kemudian, guru Matematika menunjukkan alat peraga pembelajaran untuk menggambarkan bahwa pelajaran yang kerap dianggap sulit itu bisa menjadi menyenangkan. Guru Seni Budaya dan guru Olahraga tampil energik dengan gaya unik yang membuat suasana aula penuh tawa dan kegembiraan.

Kelompok guru Biologi juga mencuri perhatian dengan memperkenalkan jargon khas pembelajaran yang memberi kesan mendalam bagi siswa baru. Salah satu guru Biologi, Bu Kushariyati, M.Pd, menjelaskan bahwa konsep perkenalan guru secara kelompok ini menciptakan suasana lebih hidup dan hangat dibandingkan cara perkenalan secara individu sebelumnya.


Guru Mapel Bahasa Indonesia

Selain itu, guru Kewirausahaan memperkenalkan produk hasil karya siswa sebagai bukti nyata semangat berwirausaha di SMANIVDA. Para guru bahasa asing seperti Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin juga tampil dengan ciri khas mereka masing-masing, menambah warna dalam acara.

Menurut Bu Kushariyati, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi siswa baru karena tidak hanya mengenal siapa guru mereka, tetapi juga merasakan pendekatan pembelajaran yang akan mereka jalani. Perkenalan guru inovatif ini membantu memecah ketegangan dan membangun kedekatan emosional antara guru dan siswa.

Kegiatan seru ini sejalan dengan prinsip pendidikan yang mengutamakan interaksi dan pendekatan personal, sebagaimana diatur oleh Kemendikdasmen dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam panduan MPLS RAMAH yang berorientasi pada pengembangan karakter dan suasana belajar menyenangkan.


SMANIVDA telah membuktikan bahwa kreativitas dalam pengenalan guru dapat menjadi bagian penting dalam membangun iklim sekolah yang kondusif dan memotivasi siswa sejak awal masa studi mereka.





Posting Komentar

0 Komentar